All for Joomla All for Webmasters

Alasan kita harus hemat dalam perspektif Islam

Alasan kita harus hemat dalam perspektif Islam

Manusia adalah makhluk yang paling sempurna, karenanya manusia di anugerahi oleh akal pikiran, hawa nafsu, intuisi bahkan hasrat untuk melakukan banyak hal, salah satunya adalah bekerja. Selain untuk ibadah, ternyata tujuan lain bekerja adalah untuk mencari uang yang kemudian akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kita tahu bahwa setelah kita melaksanakan kewajiban kita dalam sebuah pekerjaan, kita akan diberikan imbalan berupa gaji atau uang. Kita dapat membelanjakan uang tersebut untuk membeli makanan, membayar kontrakan, cicilan kendaraan atau memenuhi kebutuhan lain seperti liburan. Tapi kita tetap harus ingat, bahwa islam mengajarkan kita untuk berhemat dalam mengeluarkan uang. Mengapa demikian? Tertulis dalam surat Al-Isra ayat 26-27 yang artinya :

Ayat 26 : “ Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga dekat akan haknya, kepada orang-orang miskin dan yang dalam perjalanan, dan janganlah kamu menghambur- hamburkan hartamu dengan boros”.
Ayat 27. “Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah Saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya”.

Dalam ayat tersebut, sudah sangat jelas bahwa dalam harta yang kita miliki, ada juga harta milik orang lain seperti orang-orang miskin dan musafir, lalu kemudian Allah melarang kita untuk menghamburkan uang serta harta dengan berlebih-lebihan karena hal tersebut merupakan perbuatan syaitan.

Kiat-kiat sederhana yang dapat dilakukan untuk berhemat antara lain menyimpan kelebihan uang yang ada setelah semua kebutuhan wajib kita telah terpenuhi, uang tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak misalnya ada anggota keluarga yang sakit atau untuk tabungan masa depan seperti niatan untuk menikah serta tabungan pendidikan. Hemat bukan berarti kikir, karena hemat adalah membelanjakan harta serta uang dengan tepat yang merupakan salah satu perintah Allah SWT.

Untuk Info Lebih Lanjut dapat menghubungi : 

sentramasjid

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 − five =

Show
Hide