All for Joomla All for Webmasters

Keutamaan orang yang berpuasa

Keutamaan orang yang berpuasa

Kita tahu bahwa umat muslim diwajibkan berpuasa pada bulan ramadhan dan puasa-puasa lainnya yang bersifat sunnah. Mengapa demikian? Ternyata Allah telah menyediakan satu pintu khusus di surga yang dinamai Al Rayyan. Pintu surga Al Rayyan ini hanya disediakan bagi umat yang berpuasa.

Rasulullah Sallallahu ‘alaihi Wasallam pernah bersabda dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Bukhari-Muslim, yang artinya: “Pintu Rayyan hanya diperuntukkan bagi orang-orang berpuasa, bukan untuk lainnya. Bila pintu tersebut sudah dimasuki oleh seluruh rombongan ahli puasa Ramadhan, maka tak ada lagi yang boleh masuk ke dalamnya.

Rasulullah Sallallahu ‘alaihi Wasallam pernah bersabda dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Al Baihaqi, yang artinya “Puasa (Ramadhan) merupakan perisai dan benteng yang kokoh dari siksa api neraka.”

Allah memberikan dua kebahagiaan bagi ahli puasa yaitu bahagia saat berbuka dan pada saat bertemu dengan Allah di akhirat kelak. Orang yang berpuasa dalam santapan bukanya meluapkan rasa syukurnya dimana bersyukur termasuk salah satu ibadah dan dzikir. Syukur yang terungkap dalam kebahagiaan karena telah diberi kemampuan oleh Allah untuk menyempurnakan puasa di hari tersebut sekaligus berbahagia atas janji pahala yang besar dari Allah SWT.

Di saat puasa inilah Allah memberi keistemewaan dengan menjadikan segala aktivitas orang yang berpuasa sebagai ibadah dan ketaatan kepada-Nya. Karenanya, orang yang berpuasa dan ia meninggalkan ucapan yang tidak berguna (diam) adalah ibadah serta tidurnya dengan tujuan agar kuat dalam melaksanakan ketaatan di jalan-Nya juga ibadah. Dalam satu hadits riwayat Ibnu Mundih dinyatakan, “Diamnya orang yang berpuasa adalah tasbih, tidurnya merupakan ibadah, dan doanya akan dikabulkan, serta perbuatannya akan dilipatgandakan (pahalanya).

Untuk Info Lebih Lanjut dapat menghubungi : 

sentramasjid

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen − 15 =

Show
Hide