All for Joomla All for Webmasters

Manfaat menyantap buah kurma

Manfaat menyantap buah kurma

Sebentar lagi bulan ramadhan akan datang, tak hanya meningkatkan ibadah dan memperbanyak amalan, saat ramadhan tentu kita sudah sangat akrab dengan buah yang satu yaitu buah kurma.

Buah manis ini dahulu selain dimakan, batang pohonnya digunakan sebagai pondasi bangunan dan daunnya dijadikan atau juga tikar sebagai alas duduk. Buah kurma diyakini berasal dari sekitar teluk Persia dan mulai dibudidayakan sekitar 400 SM. Namun saat ini kurma telah menyebar dan di budidayakan di benua amerika dan eropa, uniknya semakin tandus tanah yang digunakan untuk menanam pohon kurma semakin subur dan semakin manis. Kurma merupakan makanan yang dapat disimpan sangat lama, meskipun disimpan dengan sangat lama buah ini mampu bertahan tanpa mengurangi kandungan gizi didalamnya sehingga bangsa arab mempersiapkan kurma dalam perjalanan panjangnya.

Dalam sebuah kurma mengandung banyak zat gula serta 6 unsur makanan penting lainnya seperti lemak, protein, vitamin dan mineral dan air. Dalam 7 butir buah kurma setara dengan 100 gram yang mengan gula 75gr, glukoasa, frugkrosa, sukrosa, selulosa. Kurma juga mengandung selulosa 4gr air 22.5 protein 2.5gr,  lemak 2.5 gr, mineral potassium 79 gr, mengandung fosfat 21miligram, belerang 65 miligram zat besi 5 miligram, magnesium 65 miligram, kalsium 65 miligram, fosfor 72 miligram, serta mengandung 7 asam amino esensial yaitu lisin, valin, leosin, arginin, teorinin, isalosin dan tritopan, vitamin A 65miligram  B1 0.08 miligram B2 0.05 CO 2 hingga 2.6miligram, juga asam glutation sebagai antioksidan 100 gram kurma mengandung 350 kalori. Kurma juga mengandung kalsium mangan vitamin K dan Bkompleks. Dengan kandungan ini kurma merupakan buah sempurna karena hampir memenuhi semua kebutuhan gizi. Manfaat buah kurma :

1. Sebagai sumber energi. Buah kurma memiliki kandunagn energi untuk tubuh sehingga buah ini sering dijadikan sebagai makanan berbuka puasa.
2. mencegah kanker usus besar. Kurma yang kaya serat dapat membantu selaput lendir usus dan mengikat bahan kimia sehingga mencegah kanker usus besar.
3. Kandungan vitamin A pada buah kurma memiliki manfaat kesehatan mata , kesehatan kulit dan melinduungi dari kanker paru paru dan kanker mulut.
4. Kurma merupakan sumber zat besi yang baik, zat besi merupakan komponen hemoglobin didalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen dalam darah.
5. Mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah sehingga memberikan perlindungan terhadap jantung koroner dan stroke, karena Kalium yang terdapat dalam kurma.Selain iyu kalium yang terdapat dalam kurma sangat baik untuk kesehatan jantung, kandungan zat besi dan B Kompleks mikro nutrient untuk membentuk sel darah merah untuk mencegah anemia.
6. Kurma mengandung zat besi untuk mencegah anemia Kurma mengandung hormone oksitosin yang berguna untuk memperlancar persalinan dan asi.
7. Kurma mengandung Glukosa dan Fructosa dan karbohidrat yang ada dalam buah kurma akan menambah kekuatan dalam proses persalinan.

Untuk Info Lebih Lanjut dapat menghubungi : 

sentramasjid

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen + 15 =

Show
Hide