All for Joomla All for Webmasters

Mengenal lebih jauh fungsi masjid (1)

Mengenal lebih jauh fungsi masjid (1)

Seperti yang kita tahu bahwa masjid adalah salah satu rumah ibadah yang digunakan umat muslim untuk beribadah seperti sholat, taddarus, pengajian atau sekedar bersilaturahmi dengan muslim lainnya untuk mempererat tali persaudaraan. Masjid juga sering  disebut Baitullah (rumah Allah), yaitu bangunan yang didirikan atau dibuat sebagai tempat untuk berserah diri, meminta serta  mengabdi kepada Allah.

Sejarah menyebutkan bahwa saat hijrah dari Mekah ke Madinah ditemani oleh  Abu Bakar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lewat di daerah Quba, dan di sanalah beliau mendirikan Masjid pertama, yaitu Masjid Quba yang juga ditulisakan dalam Al-Quran surat At Taubah ayat 108 . Setelah kembali ke Madinah Rasulullah juga mendirikan Masjid yang saat ini kita kenal dengan nama Masjid Nabawi.

Fungsi Masjid yang paling utama adalah sebagai tempat melaksanakan ibadah shalat secara berjamaah. Shalat berjamaah adalah merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan karena memiliki nilai pahala yang lebih tinggi dibandingkan dengan sholat sendirian. Tak heran jika akhirnya Nabi Muhammad selalu menyempatkan diri untuk melakukan sholat berjamaah dan hal tersebut juga ditekankan pada kaum muslim di seluruh dunia.

Kemakmuran sebuah masjid tidak diukur dengan luas masjid, kemewahan masjid semata tapi lebih kepada banyaknya jamah yang hadir untuk menegakkan sholat berjamaah di setiap waktu sholat, termasuk sholat jumat. Apabila antusiasme umat muslim untuk sholat berjamaah sangat besar, itu merupakan indikasi bahwa masjid tersebut bisa menjadi wadah berkumpulnya umat muslim dalam mendirikan sholat.

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa masjid juga dapat digunakan untuk melaksanakan ibadah lain seperti berdzikir dan beri’tikaf, serta dipergunakan untuk kepentingan social seperti sebagai tempat belajar dan mengajarkan Al-Quran serta Hadis, bakti sosial, kegiatan menyantuni anak yatim atau sekedar memperingati hari besar Islam.

Untuk Info Lebih Lanjut dapat menghubungi : 

sentramasjid

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − five =

Show
Hide